BNPB Kembali Sebar 3 Ton NaCl untuk Modifikasi Cuaca di Sumbar

Published By Admin | Pada: Ahad 19 May 2024 16:59 WIB

Selamat datang kembali di situs web kami! Di web ini, kami akan memberikan update terbaru tentang BNPB Kembali Sebar 3 Ton NaCl untuk Modifikasi Cuaca di Sumbar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengetahui Berita-berita Terupdate Terkini! Kami akan memberikan informasi yang akurat dan terpercaya tentang Berita hari ini. Segera saksikan video ini untuk mengetahui apakah berita ini yang anda cari pada hari ini! Jangan lupa untuk subscribe, like, dan bagikan video ini agar Anda tidak ketinggalan brita setiap harinya. Terima kasih telah menonton!BNPB Kembali Sebar 3 Ton NaCl untuk Modifikasi Cuaca di Sumbar
BNPB Kembali Sebar 3 Ton NaCl untuk Modifikasi Cuaca di Sumbar

JAKARTAINEWS.COM, PADANG -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan menebarkan tiga ton Natrium Klorida (NaCl) di langit Kota Padang dalam upaya penanggulangan dampak bencana yang terjadi di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Abdul Muhari mengatakan penyemaian NaCl tersebut dilakukan dengan fokus pada wilayah-wilayah di sekitar daerah aliran sungai pada lereng Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

"Operasi teknologi modifikasi cuaca kali ini dilaksanakan sebanyak tiga sortie dengan durasi penerbangan lebih kurang enam jam dan 11 menit," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Padang, Ahad (19/5/2024).

Total NaCl yang disemai pada operasi TMC berjumlah 3.000 kilogram, dalam setiap sortie disemai sebanyak 1.000 kilogram. Sortie pertama dilakukan pada pukul 10.21 WIB dengan target penyemaian di sekitar wilayah tenggara hingga timur Kota Padang yakni Kabupaten Sijunjung dan Solok bagian selatan.

"Sortie pertama ini dilakukan dengan ketinggian 11 ribu kaki," sebut dia.

Kemudian, sortie kedua menyasar wilayah di sekitar Kabupaten Pesisir Selatan atau bagian selatan dari Kota Padang. Penyemaian tersebut dilakukan pada ketinggian 12.500 hingga 13 ribu kaki. Sementara sortie ketiga menyasar wilayah timur laut hingga bagian timur Kota Padang.

Ia mengatakan penyemaian dilakukan saat pagi menjelang siang hingga sore hari. Alasannya, BMKG telah memprediksi potensi hujan terjadi pada siang hari. Wilayah yang diperkirakan terdampak hujan yaitu Kota Pariaman, Padang, Bukittinggi, Batu Sangkar, dan Padang Panjang.

"Daerah-daerah tersebut diprediksi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebesar 6,3 sampai 16,6 milimeter per hari," ujarnya.

Operasi TMC  merupakan upaya BNPB bersama BMKG dan instansi lainnya dalam penanggulangan dan percepatan masa transisi darurat ke pemulihan bencana banjir lahar hujan dan tanah longsor di wilayah Sumbar.

Tag:
berita terbaru hari ini,berita hari ini,berita terkini,berita terbaru,berita kompas,berita,berita kompastv,viral hari ini,portal berita video,berita video,prabowo terbaru hari ini,republika mahasiswa,jakarta,pilpres 2024 terbaru hari ini,prabowo gibran terbaru hari ini,berita indonesia,berita viral,24tahun republika,republika,milad republika,berita hangat,berita politik,berita politik indonesia terbaru,#jakarta,tv berita,berita update, Kamis 13 Juni 2024
Berita Terkait